peluang usaha

Kamis, 17 November 2011

Kabel UTP

Tahu kan sama yang namanya kabel UTP?? Ada yang tau tentang kabel UTP?? Kita selidiki disini http://fuad-xp.blogspot.com.
Kabel UTP (Unshielded Twised Pair) adalah suatu kabel yang digunakanan media penghubung antar komputer dan peralatan jaringan (hub atau switch). Dibandingkan dengan kabel lain, kabel UTP yang sering dipakai untuk membuat jaringan komputer berupa kabel yang di dalamnya berisi empat pasang kabel. Kabel Twisted Pair Cable ini ada dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan Unshielded tidak memliki selubung pembungkus. Yang dimaksud dengan kabel UTP adalah hanya kabelnya, sedangkan untuk menghubungkan dengan komputer di butuhkan suatu connector. Connectors (8P8C) yang biasa disebut RJ-45 (Register Jack) merupakan pasangan dari kabel UTP.



Kabel UTP Memiliki Karakteristik, yaitu :

1. Connector yang di[alai pada ujung kabel (semua jenis) UTP adalah RJ-45 terdiri dari 4 pasang kabel yang dipilin (twisted).

2. 1 pasang untuk Tx (mengirim informasi) yaitu pada pin nomor 1 (Tx+) dan 2 (Tx-).

3. 1 pasang untuk Rx (menerima informasi) yaitu pada pin nomor 3 (RX+) dan 6 (RX-).

4. 2 pasang tidak terpakai (Not Connected), yang dapat digunakan untuk mengirim daya listrik untuk menyatu perangkat yang ada di ujung kabel UTP. http://fuad-xp.blogspot.com.

Kategori Kabel UTP :

Kategori 1 : Merupakan kabel UTP dengan kualitas terendah, yang didesain untuk mendukung koneksi atau komunikasi suara analog saja. Kabel ini digunakan sebelum tahun 1982 untuk menghubungkan telepon analog Plain Old Telephone Service (POTS) dan ISDN.

Kategori 2 : Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP dengan kategori 1, yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital. Kabel ini dapat mentansmisikan data hingga 4 Mbps.

Kategori 3 : Kabel UTP dengan kualitas yang didesain untuk network dengan frekuensi hingga 16 Mhz dan dipakai untuk protokol internet dengan kecepatan hingga 10 Mbps.

Kategori 4 : Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih bain dengan kategori 3, yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 20 Mbps, sehingga dapat digunakan untuk protokol 16 Mbps token ring (IBM).

Kategori 5 : Didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 Mbps. Kabel ini menggunakan kawat tembaga dalam kongfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) dan dilindungi oleh insulasi.

Kategori 6 : Memiliki kecepatan up to 250 Mbps atau lebih dari dua kali cat-5.

Kategori 6a : Kabel masa depan  untuk kecepatan up to 10 Gbps.

Kategori 7 : Didesain untuk bekerja pada frekuensi up to 600 Mhz.
http://fuad-xp.blogspot.com.

0 Komentar :

Posting Komentar

Silahkan sisipkan komentar jikalau anda berkunjung atau nyasar ke blog ini. Komentar anda sangat berguna dan berharga untuk menjadikan blog ini menjadi lebih baik. Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam berkomentar. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan ditampilkan.

 
Design by Fuad XP | Bloggerized by Fuad XP - Fuad XP Premium | Free Download